PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK

19 Februari 2019 516 Kali Dibaca

PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK

 

DASAR :

  1. Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman;
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tentang Pelayanan Publik;
  3. Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional;
  4. PERMENPAN-RB Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pelayanan Public Secara Nasional;
  5. Surat Edaran Menpan-Rb Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pengintegrasian Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Public Secara Nasional Bagi Pemerintah Daerah Ke Dalam Aplikasi LAPOR!-SP4N;
  6. Surat Menpan-RB Nomor : B1/21/PP.03/2017 Tanggal 31 Juli 2017 Tentang Penyampaian ID Dan Sandi Pengguna Petugas Admin Pada OPD Di Lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung

 

Berkenaan dengan hal tersebut di atas maka disampaikan kepada saudara hal-hal sebagai berikut :

  1. Pengaduan masyarakat terhadap pelayanan Public Pemerintah Kota Bandar Lampung telah berjalan sejak Januari 2015 melalui Nomor Telpon Pengaduan Pelayanan Publik Pemerintah Kota Bandar Lampung 0822 8220 4761, 08228220 4762
  2. Bahwa sejak Bulan September 2017 Pemerintah Kota Bandar Lampung telah teintegrasi dengan Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat – System Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Public Nasional
  3. Mensosialisasikan pengeduan masyarakat melalui layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat – sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (LAPOR!-SP4N) pada setiap system kesempatan terhadap masyarakat dengan cara mengirimkan :

 

SMS Ke 1708

Dengan format

BANDARLAMPUNG (spasi) ISI ADUAN

 

  1. Masing-masing OPD telah diberikan User ID dan Password untuk dapat segera login serta telah diberikan asistensi pada tanggal 06 september 2017 agar dapat menggunakan aplikasi LAPOR!-SP4N dalam menindaklanjuti setiap laporan pengaduan masyarakat pada website : lapor.go.id terhadap OPD yang mendapatkan pengaduan dari masyarakat wajib memberikan respon/tindaklanjut terhadap pengaduan tersebut
  2. Hal-hal yang belum jelas berkaitan dengan hal tersebut dapat langsung di Konsultasikan Ke Kementrian Pendayagunaan Aperatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Atau Bagian Organisasi Secretariat Daerah Kota Bandar Lampung Di Gedung Pepadun Lantai III

Demikian atas perhatian dan pelaksanaannya diucapkan terimakasih

Lampiran : Surat Edaran Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik