Inovasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung: POSTALINGA

03-01-2024 506 Kali Dibaca

Dalam upaya menuju lingkungan yang lebih asri dan berkelanjutan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung telah menghadirkan inovasi terbaru yang bernama Kompos Menciptakan Lingkungan Asri (POSTALINGA). POSTALINGA bukan sekadar sistem pengelolaan sampah, melainkan sebuah langkah inovatif untuk mengubah sampah menjadi sumber daya yang bernilai, yaitu pupuk kompos.

 

Inovasi ini bermula dari kesadaran akan perlunya mengurangi jumlah timbulan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau. POSTALINGA menjadi solusi yang tidak hanya mengelola sampah, tetapi juga memberikan manfaat positif bagi lingkungan sekitar.

 

Kegiatan POSTALINGA melibatkan pengumpulan sampah organik yang kemudian diolah secara efisien menjadi pupuk kompos. Pendekatan ini membantu mengurangi dampak negatif tumpukan sampah di Kota Bandar Lampung, sambil memberikan manfaat ekonomi dan ekologis. Pupuk kompos yang dihasilkan dapat digunakan kembali untuk meningkatkan kesuburan tanah, menciptakan siklus berkelanjutan, dan mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia.

 

Dengan adanya POSTALINGA, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung memberikan contoh bagaimana inovasi dapat menjadi kunci dalam menghadapi tantangan lingkungan. Langkah-langkah seperti ini tidak hanya merubah sampah menjadi sumber daya, tetapi juga menginspirasi masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

 

Melalui POSTALINGA, Kota Bandar Lampung bergerak maju menuju konsep pengelolaan sampah yang lebih holistik dan berkelanjutan. Semoga inovasi ini menjadi inspirasi bagi kota-kota lain untuk menggali potensi positif dari sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat.

Kunjungi videonya di sini: Instagram DLH