KOTA BANDAR LAMPUNG MEMPEROLEH PENGANUGERAHAN Innovative Government Award (IGA) 2023

20-12-2023 830 Kali Dibaca

Pemerintah Kota Bandar Lampung Tahun 2023 berhasil memperoleh penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 dalam Kategori Kota Terinovatif bersama dengan 12 Kota dari seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiyana yang diserahkan Langsung Oleh Menteri Dalam Negeri (Tito Karnavian), bertempat di Gedung C Lantai 3 Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Republik Indonesia. Jl Medan Merdeka Utara no.7 Jakarta Pusat, Selasa 12 Desember 2023.

Turut mendampingi Walikota Bandar Lampung saat menerima penghargaan IGA 2023, Kepala BAPPEDA Kota Bandar Lampung (Dini Purnamawaty, SE.,M.Si.), Kepala Bidang Litbang BAPPEDA Kota Bandar lampung (Evi Rahmalia, S.Pi., M.Si), dan  Perencana Ahli Madya BAPPEDA Kota Bandar Lampung (Dra. Rr. Diah Sulistiorini, M.Si.).

Dalam Sambutannya, Mendagri Tito Karnavian menekankan bahwa inovasi harus membuat sistem menjadi lebih baik tanpa bergantung pada figur tertentu. Dengan begitu, sistem baik tersebut akan tetap berjalan oleh siapa pun yang mengawakinya. Capaian ini merupakan kesuksesan terbesar dalam membuat inovasi karena berhasil membangun sistem yang baik.

Mendagri menambahkan bahwa Inovasi penting di tengah dinamika kehidupan yang selalu berkembang. Kondisi ini membuat semua pihak mau tidak mau harus berkreasi dan berinovasi di semua bidang, termasuk bidang pemerintahan. Kemendagri juga akan selalu mendorong adanya inovasi sebagai bentuk adaptasi terhadap segala perubahan. Terlebih, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki struktur pemerintahan terbesar di dunia, sehingga permasalahan yang muncul pun kompleks. Oleh Karena itu, salah satu cara untuk membuat pemerintahan yang lebih baik adalah membangun iklim Kompetitif dalam hal inovasi. Apalagi di tengah sistem Otonomi Daerah yang memberikan ruang lebih besar kepada kepala daerah untuk berkreasi.