PERTEMUAN KEMITRAAN DUKUNGAN BAZNAS DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT AIDS, TUBERKULOSIS DAN MALARIA (ATM) DI KOTA BANDAR LAMPUNG

06-12-2023 2342 Kali Dibaca

Pada tanggal 22 November 2023, di kantor Baznas Kota Bandar Lampung, digelar acara Pertemuan Kemitraan Dukungan Baznas Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria (ATM) di Kota Bandar Lampung. Acara ini diinisiasi karena angka kasus ketiga penyakit tersebut masih tinggi, dan Pemerintah Kota Bandar Lampung berkomitmen mencapai eliminasi nol pada tahun 2030. Namun, pemahaman bahwa penanganan penyakit-penyakit tersebut tak hanya memerlukan intervensi medis, melainkan juga melibatkan aspek sosial, ekonomi, dan pendidikan, mendorong pentingnya kemitraan lintas sektor untuk pendekatan yang holistik.

 Pertemuan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan Adinkes Lampung, Bappeda Kota Bandar Lampung, Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bandar Lampung, lembaga sosial nirlaba Inisiatif Lampung Sehat dan Wahana Cita Lampung, serta perwakilan dari sektor perbankan yang turut serta dalam program CSR.

 Bappeda, diwakili oleh Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bapak Ari Rodiansyah S.T., sebagai narasumber, menyoroti peran krusial lintas sektor, terutama pemerintah dan sektor swasta, dalam menghadapi tantangan ini. Pemerintah dituntut untuk menyediakan layanan kesehatan terjangkau dan efektif serta mengkoordinasikan upaya pencegahan dan penanggulangan. Di sisi lain, sektor swasta diharapkan dapat memberikan kontribusi melalui dukungan finansial, inovasi teknologi kesehatan, dan partisipasi aktif dalam kampanye pencegahan.

 Ketua Baznas Bandar Lampung juga memberikan dukungan terhadap CSR perbankan di Kota Bandar Lampung. Beliau menegaskan bahwa tidak perlu ragu untuk menyalurkan dana bantuan kepada Baznas Kota Bandar Lampung sebagai lembaga pemerintah resmi. Ismail Sholeh juga menunjukkan komitmen untuk menghimpun dana sosial dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta lembaga terkait untuk menyampaikan bantuan kepada penderita penyakit AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria di Kota Bandar Lampung.