Pemerintah Kota Bandar Lampung menghadiri Sidang Paripurna Istimewa Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam Rangka HUT RI Ke-78 Tahun 2023

17-08-2023 302 Kali Dibaca

Pemerintah Kota Bandar Lampung menghadiri Sidang Paripurna Istimewa Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam Rangka HUT RI Ke-78 Tahun 2023 oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kota Bandar Lampung, Rabu 16 Agustus 2023.

Dalam Sidang Paripurna Istimewa yang dihadiri oleh Walikota Bandar Lampung serta jajaran Forkopimda Kota Bandar Lampung ini menyaksikan pidato Presiden Jokowi yang saat pidatonya mengenakan pakaian adat Tanimbar dari Maluku menyampaikan berbagai isu, mulai dari permasalahan rakyat, perekonomian, hilirisasi, serta perkembangan penanganan stunting di Indonesia.

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengatakan Republik Indonesia memiliki peluang besar dari bonus demografi terhadap perekonomian di Indonesia untuk meraih Indonesia Emas 2045, meraih posisi menjadi Negara 5 besar kekuatan ekonomi dunia.

"Bonus demografi yang akan mencapai puncak di Tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045, 68% adalah penduduk usia produktif. Disinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita"

Peluang besar yang kedua adalah International Trust yang dimiliki Indonesia saat ini. Dengan International Trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati.

Presiden juga mengapresiasi persiapan sumber Daya Manusia Indonesia, di mana salah satunya berhasil menurunkan angka stunting menjadi 21,6 persen di 2022, menaikkan Indeks Pembangunan Manusia menjadi 72,9 di 2022, menaikkan Indeks Pemberdayaan Gender menjadi 76,5 di 2022.

Diakhir Pidatonya, Presiden Jokowi mengucapkan Dirgahayu untuk Republik Indonesia ke-78.

"Marilah kita bersatu padu terus melaju untuk indonesia Maju
Dirgahayu Republik Indonesia!
Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!"