Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana Menghadiri Acara Penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI

15-07-2023 376 Kali Dibaca

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI resmi ditutup pada hari Kamis (13/7/2023).

Rakernas yang diadakan di Upperhills Convention Hall Jalan Metro Tanjung Bunga menghasilkan sejumlah rekomendasi.

Rekomendasi tersebut juga telah diserahkan kepada tiga bakal calon presiden yang datang dalam Rakernas Apeksi XVI.

Mereka ialah Bapak Ganjar Pranowo, Bapak Anies Baswedan dan Bapak Prabowo Subianto.

Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana hadir dan mengikuti Rakernas Apeksi XVI bersama dengan delegasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung.

"Kami ingin menyerahkan gagasan dari seluruh kota-kota di Indonesia, ini kami kirimkan ke bapak Presiden Jokowi dan Menteri terkait, tapi kami kirimkan juga kepada calon pemimpin negeri termasuk mas Ganjar," ujar Ketua Apeksi Bima Arya.

Ada beberapa rekomendasi yang diusulkan dari enam wilayah Apeksi Seperti wilayah V merekomendasikan penataan Ibu Kota Negara (IKN) di Pulau Kalimantan.

Begitu juga rekomendasi di wilayah I yang dibacakan Wali Kota Medan Boby Nasution, mulai dari Smart City, Stunting, Inflasi, Dana Kelurahan, hingga Tenaga Honorer.

Ada tiga hal yang menjadi konsen dari pelaksanaan rapat kerja tahun ini. Diantaranya, Apeksi fokus mengawal otonomi daerah, merebut Indonesia Emas 2045 dengan melibatkan pemuda melalui event Youth City Changers, dan terakhir pembangunan di kota harus tetap berlanjut.