Studium Generale Kampus ITERA Mengenai Membangun Ketahanan Kota Melalui Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

03-03-2023 3369 Kali Dibaca

Bandar Lampung (03/03/2023) - Pengelolaan sampah yang berkelanjutan menjadi salah satu faktor penting dalam membangun ketahanan kota. Selain membantu menjaga lingkungan, pengelolaan sampah yang baik juga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja baru. Untuk membahas lebih lanjut mengenai pentingnya pengelolaan sampah berkelanjutan, Kampus ITERA mengadakan Studium Generale atau Kuliah Umum dengan mengundang Veni Devialesti,SP.,MM. selaku sektretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung sebagai narasumber.

 

Veni Devialesti,SP.,MM menjelaskan bahwa pengelolaan sampah berkelanjutan merupakan cara yang tepat untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan setiap harinya dan membantu memperpanjang usia tempat pembuangan akhir (TPA). Selain itu, pengelolaan sampah berkelanjutan juga dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan dan menciptakan lapangan kerja baru dalam bidang daur ulang dan pengolahan sampah.

 

Namun, Veni Devialesti,SP.,MM. menekankan bahwa pengelolaan sampah berkelanjutan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga menjadi bagian dari tanggung jawab masyarakat. Masyarakat perlu dilibatkan dalam program pengelolaan sampah berkelanjutan dengan cara memilah sampah dan mengelolanya dengan benar, serta berpartisipasi dalam program daur ulang dan pengolahan sampah.

 

Dalam melaksanakan program pengelolaan sampah berkelanjutan, Veni Devialesti,SP.,MM. menyarankan agar pemerintah dan masyarakat bekerja sama dalam merancang program pengelolaan sampah yang terintegrasi dan berkelanjutan. Program tersebut harus meliputi pengurangan sampah, pemilahan sampah, pengolahan sampah, dan daur ulang sampah. Selain itu, diperlukan juga peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah berkelanjutan melalui kampanye edukasi dan sosialisasi.

 

Dalam melaksanakan program pengelolaan sampah berkelanjutan, Veni Devialesti,SP.,MM. menambahkan bahwa penting bagi pemerintah untuk menyiapkan anggaran yang memadai dan melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan program tersebut. Selain itu, pemerintah juga perlu menggandeng para ahli dan pelaku industri dalam bidang pengelolaan sampah untuk memberikan masukan dan solusi yang terbaik.

 

Dengan adanya program pengelolaan sampah berkelanjutan yang terintegrasi dan melibatkan semua pihak, diharapkan dapat membantu membangun ketahanan kota dalam jangka panjang. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan dan mewariskan bumi yang lebih baik bagi generasi yang akan datang.