Walikota Bandar Lampung Menghadiri Sosialisasi Pencanangan Gerakan Bersama Untuk Penyandang Disabilitas melalui Pendataan, Perekaman Dan Penertiban Dokumen Kependudukan Guna Membangun Masyarakat Inklusif Di Provinsi Lampung

15-04-2022 295 Kali Dibaca

Walikota Bandar Lampung menghadiri Sosialisasi Pencanangan Gerakan Bersama untuk Penyandang Disabilitas melalui Pendataan, Perekaman dan Penertiban Dokumen Kependudukan Guna Membangun Masyarakat Inklusif di Provinsi Lampung yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung dan dihadiri oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri RI di Ballroom Hotel Bukit Randu, Kamis (14/4/2022).

Dalam sambutannya, Assisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudrotul menyampaikan melalui program ini Pemerintah dapat memberikan ketekunan, kesabaran, kasih sayang dan empati kepada para penyandang disabilitas terkait dokumen kependudukan.

Beliau menambahkan isu penyandang disabilitas masih menjadi isu global karena kehadirannya masih dipandang sebelah mata dan hak-hak penyandang disabilitas sebagai manusia seringkali terabaikan dari hak hidup, hak memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan serta hak mengakses fasilitas umum.

Beliau mengingatkan perlunya sinergitas pentahelix antara pemerintah pusat/provinsi, akademik, komunitas dan keahlian teknis dan manajerial pengelolaan issue disabilitas yang berbasis Hak Asasi Manusia (HAM).

Sementara itu, Direktur Jendral Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI Zudan Arif Fakrulloh meminta kepada semua Disdukcapil khususnya di wilayah Sumatera untuk melakukan jemput bola dalam menerbitkan administrasi kependudukan (Adminduk) disabilitas. Beliau menambahkan guna mendukung semua disabilitas mendapatkan dokumen kependudukan maka diperlukan kerjasama dan dukungan dari OPD terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Sosial hingga komunitas penyandang disabilitas.