World Rabies Day Kota Bandar Lampung

29-09-2021 643 Kali Dibaca

Bandar Lampung, 29 September 2021 - Dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan menular serta peringatan hari rabies sedunia (World Rabies Day), yang diperingati setiap 28 September setiap tahunnya, Dinas Pertanian kota Bandar Lampung mengadakan acara vaksinasi rabies untuk hewan penular rabies seperti anjing,kucing, musang dan monyet secara drive thru di halaman parkir Dinas Pertanian KotaBandar Lampung selama 2 hari tanggal 28-29 September 2021 World Rabies Day atau Hari Rabies sedunia merupakan bentuk kampanye global dunia terhadap bahaya penyakit rabies.


Penyakit rabies atau yang dikenal juga dengan penyakit anjing gila merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini sangat berbahaya karena angka kematian/mortality rate yang mencapai 100%. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan hewan penular rabies yang terinfeksi ke hewan lain maupun kemanusia. Sampai saat ini wilayah lampung umumnya masih merupakan daerah yang belum dinyatakan bebas dari penyakit ini.


Upaya pencegahan yang paling efektif terhadap penyakit ini adalah dengan vaksinasi rabies terhadap hewan penular rabies. Dengan vaksinasi diharapkan dapat menurunkan angka kematian dari penyakit rabies.
Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung Ir. Agustini. MM mengajak kepada seluruh pemilik hewan, komunitas pencinta hewan untuk rutin memeriksakan hewan dan rutin melakukan vaksinasi hewan kesayangannya. "Vaksinasi rabies setiap tahun selalu dilaksanakan baik di puskeswan maupun setiap kelurahan, namun dalam kondisi pandemi saat ini vaksinasi dilakukan dengan cara drive thru untuk efektifitas dan mencegah kerumunan. Dengan rutin periksa dan vaksinasi hewan , pemilik hewan berarti sudah bertanggungjawab dalam kesehatan hewan pelihara dan ikut menjaga keluarga dari kemungkinan terinfeksi penyakit hewan menular", ujarnya.


Dalam kegiatan ini selain vaksinasi rabies juga dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan, konsultasi dan edukasi bahaya rabies dan langkah pencegahan dan penanganan apabila terjadi kasus gigitan hewan oleh tim dokter hewan dan paramedis veteriner Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung.
Mari bebaskan Bandar Lampung dari bahaya Penyakit Rabies.