Kepala Dinas PMD Minta Perangkat Desa Lebih Kreatif Kelola Dana Desa

10-03-2020 50 Kali Dibaca

Kupastuntas.co, Bandar Lampung - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Lampung, Yuda Setiawan menekankan kepada perangkat desa agar bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan dana desa seperti pemberdayaan masyarakat lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Langkah tersebut menurut Yuda diyakini dapat meningkatkan perekonomian desa dalam jangka panjang. Sehingga angka kemiskinan di desa juga bisa menurun secara signifikan.

"Sekarang harus lebih banyak inovasi di desa agar tidak monoton itu-itu saja. Jangan sampai dana desa yang sudah berjalan sampai tahun ke empat ini belum bisa menekan angka kemiskinan secara signifikan di desa. Pemanfaatannya harus lebih kreatif, harus lebih menyentuh di masyarakat," ujar Yuda saat diwawancara usai manghadiri upacara peringatan hari jadi Provinsi Lampung ke-55 tahun, di lapangan Korpri, Selasa (19/3/2019).

Dikatakannya, BUMDes harus dapat memicu masyarakat untuk ikut berkiprah dan memiliki dampak untuk perekonomian desa. Hal itu membuat masyarakat bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan BUMDes yang dibiayai dari dana desa.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada beberapa desa di kabupaten Provinsi Lampung yang memanfaatkan dana desa dengan cara pengelolaan potensi sumber daya alam yang ada untuk pembangunan bembangunan objek wisata.

Sumber : https://www.kupastuntas.co