Workshop training of trainer Grebeg Pasar Bandar Lampung

23-11-2019 51 Kali Dibaca

Diskominfo Kota Bandar Lampung - Workshop training of trainer (TOT) grebeg Pasar Bandar Lampung berlangsung di kampoeng bambu, selasa 29 oktober 2019, di hadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Bpk.adiansyah, kepala bidang Egovermen Dinas Kominfo Bpk. Krisna Laksamana.

Pogram “UMKM Go Online” diusung guna memfasilitasi UMKM siap bersaing di skala nasional bahkan global dan rencananya akan diadakan kunjungan ke 6 boat yaitu boot UMKM di pasar panjang pada tanggal 31 oktober 2019 dan 1 november ,tgl 2 dan 4 nov ke pasar bambu kuning, tanggal 5 dan 6 nov akan kunjungan kw pasar kangkung, 9 dan 11 nov pasar bawah dan 12 dan 13 nov pasar gudang lelang.

Tot dan sosialisasi UMKM Go Online Diselenggarakah Untuk Membantu pedagang Tradisional dalam Mengatasi kendala yang dihadapi dizaman digitalis, yang .mana Saat ini persaingan pasar bebas sudah merata Mengunakan sistem online.

Kementerian Komunikasi dan Informatika penyediaa platform aplikasi dan pemerintah Kota bandar lampung untuk menyukseskan UMKM Go Online Melalui TOT dan sosialisasi UMKM Go online.

Saat ini kendala yang paling sering Dialami oleh pedagang tradisional ke onlie. Adalah kendala penggunaan aplikasi. Padahal, terdapat beberapa syarat dasar bagi mitra untuk mendaftarkan barang dagangannya. Yaitu kualitas foto yang baik, keterangan barang yang lengkap, nama dan alamat mitra yang jelas.

Untuk Mengurangi kendala mitra dalam memanfaatkan aplikasi menjadi salah satu tujuan program UMKM Go Online yang bekerjasama dengan sejumlah marketplace. Untuk itu, diadakan kegiatan Training of Trainer (TOT) bagi para relawan tIK di Kota Bandar lampung, Diharapkan mampu Membantu untuk menjelaskan penggunaan aplikasi e-commerce secara tepat pada para pedagang
Tradisional.

Target pemerintah pada program Grebek Pasar UMKM Go Online ini jumlahnya sangat besar. program ini merupakan gerakan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional.
Sasaran UMKM Go Online bukan hanya pada jenis usaha rumahan, tapi juga menyasar pasar tradisional yang mulai diberi pengetahuan mengenai cashless payment sebagai program pemerintah Dengan Harapan Pandu Digital dapat melakukan sosialisasi dan edukasi ke pedagang di pasar tradisional.