Contoh Report Text : Pengertian Dan Penjelasannya Lengkap

Contoh Report Text : Pengertian Dan Penjelasannya Lengkap

Contoh Report Text

Contoh Report Text

BandarLampungKota.Go.ID – Dalam materi ini anda akan mempelajari salah satu jenis teks ( genre ) yakni teks report yang mempunyai langkah retorika yaitu General Classification – Description dan mempunyai fungsi sosial ( social function ) untuk menjelaskan sesuatu apa adanya, yang menyangkut kejadian alam, karya manusia, dan fenomena sosial di sekitar kita . Teks ini mempunyai kebahasaan khusus (lexico grammar ) di antaranya penggunaan simple present dan to be . Berbagai jenis latihan reading comprehension, grammar dan vocabulary yang diberikan secara intensif dan bervariatif akan lebih mempermudah anda memahami teks.

 

 

Teks report adalah salah satu jenis teks ( genre ) dalam bahasa Inggris yang menjelaskan sesuatu apa adanya. Teks ini mempunyai langkah-langkah retorika ( generic structure) yang terdiri dari : General Classification dan Description.

  • General classification:

Paragraph pertama disebut General Classification. Berisi tentang informasi dasar mengenai hasil pengamatan yang telah dilakukan, baik tentang hewan, tumbuhan, fenomena alam, sejarah maupun tempat yang bersivat umum. Sebagai pendahuluan sebelum membedah secara lebih implisit.

 

  • Description :

Kemudian setelah dijabarkan dalam sudut pandang yang masuh general, hasil penelitian harus lebih dijelaskan per detailnya. Bagian-bagian serta sistem apa saja yang terkait dalam observasi tersebut juga bagaimana hasil validnya. Paragraph yamg memuat penjelasan khusus dalam report text disebut description. paragraph description dalam Report Text fungsinya sama dengan paragraph descriptive dalam description Text, yakni menggambarkan secara terperinci tentang fenomena yang sedang diselidiki.

 

Bagian kedua ini seharusnya berisi tentang penjelasan mendetail tentang jalannya penelitian. Bukan hanya hasil yang harus diekspos ke media, tetapi penulis juga harus menyajikan proses memperoleh data tersebut. Data-data yang dikumpulkan dikemas dalam beberapa paragraph disertai dengan proses pengolahannya.

 

Pengertian Report Text

Report text merupakan sebuah teks yang mempunyai kesamaan dengan descriptive text. Bahkan, ada banyak siswa yang bingung bagaimana cara membedakan antara report text dengan descriptive text. Pada intinya, perbedaan keduanya mencakup pada kekhususan sebuah deskripsi.

Pada report text kita akan menemukan deskripsi dengan benda yang lebih general, sedangkan untuk deskriptif text, cakupannya lebih khusus atau bisa juga personal. Misalnya, ada dua judul teks yaitu Dog dan My Dog.

Pada teks dengan judul Dog, maka penjelasannya mencakup hal-hal ilmiah dan umum. Sedangkan teks dengan judul My Dog, penjelasannya terkait dengan anjing seseorang yang bersifat spesifik dengan karakteristik yang hanya sesuai dengan anjing tersebut. Maka, artikel dengan judul Dog adalah report text sedangkan artikel dengan judul My Dog adalah descriptive text.

 

Dominant Language Feature

 

  • Introducing group or general aspect :

Karena berkaitan dengan sebuah penelitian, tentunya objek yang dibucarakan harus objek tunggal, baik manusia, hewan, tumbuhan maupun fenomena-fenomena tertentu yang terjadi di sekitar kita. Sehingga, nanti yang akan berkembang bukanlah aspek-aspek pendukung yang berkaitan dengan masalah inti melainkan tajuk utama yang diulas secara mendalam. Hal itu dapat kita lihat dari contoh-contoh Report Text di atas, dalam contoh satu masalah pokok yang coba dianggkat adalah Platypus, sehingga keseluruhan teks hanya akan membahas platypus bukan hal-hal yang berkaitan dengan platypus tetapi lebih kepada hal inti yang terkandung dalam studi tentang platypus.

 

  • Using conditional connector :

Logical connector adalah kata yang hubung yang menghubungkan dua klausa, kalimat maupun paragraph yang masih memiliki keterkaitan waktu. Contohnya adalah when, so, while dan lain-lain. Dalam Report Text, proses yang dijelaskan merupakan runutan yang berkaitan satu sama lain, sehingga untuk menghubungkan paragraph satu dengan paragraph lainnya dibutuhkan sebuah connectors (conjunction) yang menunjukan keterangan waktu.

 

  • Using simple present tense

Hasil penelitian yang layak dilaporkan dalam Report Text adalah hasil penelitian terkini, artinya, penelitian tersebut bukan tentang fenomena yang sudah terkuak kebenarannya beberapa waktu silam, karena data-data yang diperoleh mungkin sudah berubah dan tidak valid lagi. Hal ini-lah yang menyebabkan mengapa Report Text harus menggunakan present tense.

 

  • Using Common Nouns

Common Noun mengacu kepada benda yang disebutkan secara general. Salah satu pedoman penulisan laporan adalah seluruh hal disebutkan tidak secara implisit, karena tidak semua fakta yang dipaparkan berlaku untuk semua benda sejenis, anomali-anomali tertentu bisa terjadi. Tentunya, dalam penulisan laporannya-pun penulis harus sebisa mungkin menggeneralisasikan masalah, sehingga noun yang digunakan haruslah Common Noun.

 

  • Using relating verbs

Relating Verb ialah alat bantu yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kata lain setelah kata kerja utama. Relating verbs biasanya dikenal dengan To be yang penggunaannya tergantung konteks waktu dalam kalimat, seperti Is, Am, Are untuk masa kini dan Was, Were untuk masa lampau.  Selain To Be, kata lain yang termasuk ke dalam Relating Verbs adalah Getting, Turning dan becaming. Kata-kata tersebut lazim digunakan dalam Report Text karena mengisyaratkan perubahan proses.

 

 

PLATYPUS; A REPORT TEXT

Many people call platypus duckbill because this animal has a bill like duckbill. Platypus is a native Tasmania and southern and eastern Australia.

Platypus has a flat tail and webbed feet. Its body length is 30 to 45 cm and covered with a thick, and woolly layer of fur. Its bill is detecting prey and stirring up mud. Platypus’ eyes and head are small. It has no ears but has ability to sense sound and light. Platypus lives in streams, rivers, and lakes. Female platypus usually dig burrows in the streams or river banks. The burrows are blocked with soil to protect it from intruders and flooding. In the other hand, male platypus does not need any burrow to stay.

 

Analyzing on the Text Generic Structure analysis :

  • General classification; stating general classification, the animal of platypus.
  • Description; describing in detail characterization of platypus’ body and habitual life Language Feature Analysis
  • Focusing in group; the animal of platypus conditional, logical connective; but, in the other hand
  • Simple present tense pattern; Platypus lives in streams, male platypus does not need any burrow, etc

 

THE DIFFERENCES BETWEEN REPORT AND DESCRIPTIVE TEXT

 

Beberapa jenis teks bahasa Inggris cukup sulit untuk di bedakan. Seperti halnya Descriptive Text dan Report Text yang mempunyai kesamaan dalam hal tujuan komunikatif (Social Function) dan sturktur kalimatnya (Generic Structure). Tetapi jika kita menganalisisnya dengan cermat, perbedaan antara ke-duanya akan nampak.

Tujuan dari kedua teks tersebut adalah untuk memberikan deskripsi langsung mengenai objek. Antara Descriptive Text dan Report Text lebih mencoba untuk menunjukan dari pada memberitahu pembaca tentang kondisi fakta dari objek tersebut. Pembaca dengan sendirinya akan menangkap point yang mengesankan dari objek tersebut melalui penunjukan gaya penulisan. Yang membuat berbeda antara Descriptive Text dan Report Text adalah pada cakupan penulisan objek. Jika kita berbicara tentang misalkan sepeda yang di tulis dalam bentuk Report Text, teks tersebut akan berbicara mengenai sepeda secara umum; bagian-bagiannya, kekuatannya, dan fungsinya secara umum selayaknya sepeda. Sedangkan jika sepeda dideskripsikan dengan Descriptive Text, maka sepeda tersebut merujuk ke jenis speda tertentu misalnya sepeda gunung, sepeda balap dan yang lainnya, yang tentunya dengan ciri-ciri sertifikasi-nya; warna, jenis roda, warna, dll.

Singkatnya, Report Text mendeskripsikan sesuatu yang biasanya merujuk kepada gejala-gejala alam, hewan, dan benda ilmiah. Report Text ditulis setelah mendapatkan obeservasi secara cermat. Hal ilmiah dan teknikal inilah yang membuat perbedaan yang jelas dari Descriptive Text.

 

Baca Juga :