Medan – (DISKOMINFO), Menteri Komunikasi dan Informatika RI Tifatul Sembiring mengatakan bahwa peran humas pemerintah secara strategis diimplementasikan di era keterbukaan informasi dan TIK, hal tersebut dikatakan saat membuka pertemuan Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) Nasional bagian Indonesia Barat tahun 2013.

Pertemuan yang diselenggarakan oleh Ditjen Kemitraan Komunikasi, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,  diikuti sekitar 300 peserta dari humas pemerintah Kota/Kabupaten/provinsi, Pejabat di Badan Komunikasi dan Informatika, humas perguruan tinggi dan akan membahas beberapa sesi tentang penguatan kompetensi humas pemerintah.

"Peran humas pemerintah harus secara strategis diimplementasikan di era keterbukaan informasi dan teknologi informasi sekarang ini. Oleh karena itu kali ini, pertemuan Bakohumas kali ini membahas penguatan kompetensi humas pemerintah melalui standardisasi profesi," kata Menkominfo Tifatul Sembiring, dalam sambutannya pada pertemuan Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bako Humas) di Medan Sumatera Utara, Jumat (24/5).

Tifatul  menegaskan, peran dan fungsi SDM maupun kelembagaan humas,  menjadi strategis dalam rangka memenuhi informasi yang mendidik, mencerahkan dan memberdayakan bagi masyarakat.

"Melayani informasi publik secara baik kepada masyarakat. Pertama dibutuhkan, kemampuan melaksanakan tugas pada level yang ditentukan level kerja, kedua, pengetahuan kita mengintegrasikan fakta dalam rangka mendukung bidang kehumasan, dan sikap atau attitude," ujarnya.

Ketiga hal tersebut, dilakukan melalui sertifikasi oleh lembaga penilai sertifikasi, tentang standardisasi pengelola kehumasan. "Diharapkan, humas pemerintah dapat bertransformasi menuju humas profesional yang basis kinerjanya didasarkan pada standar kompetensi dan kode etik profesi untuk menjalankan profesinya," kata Tifatul Sembiring.

Ketua Bakohumas RI, Freddy H Tulung mengatakan bahwa kita sedang merumuskan standar kompetensi kehumasan, melalui pelatihan secara berjenjang, dan dilakukan sertifikasi sehingga betul-betul petugas humas memiliki kompetensi dalam kinerjanya.

"Petugas kehumasan memilki jabatan fungsional dan bisa disebut Pranata Humas. Ia bekerja di bidang kehumasam dan berstatus  pegawai negeri sipil (PNS). Beri reward dan punishmen kepada humas pemerintah, karena perannya penting sebagai petugas yang strategis dan penting bagi pemerintah," katanya .

(sumber : www.kominfo.go.id)