Bandar Lampung – (DISKOMINFO), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Bandar Lampung Tahun 2013 secara resmi telah disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Bandar Lampung pada Jum’at (28/09/2012).

Ketua DPRD Kota Bandar Lampung yang juga Ketua Badan Anggaran H. Budiman AS mengatakan dalam APBD Tahun 2013 alokasi Belanja Daerah mencapai Rp 1.626 triliun dengan proyeksi Pendapatan Daerah sebesar Rp 1.564 triliun.

Ketua Banang DPRD juga menyampaikan bahwa untuk pembahasan APBD 2013 ini ada pengawasan langsung dari KPK melalui BPKP sehingga akurasi pembahasannya menjadi lebih baik dan alokasi  peruntukkan anggaran sesuai dengan skala prioritas pembangunan.

Pada tahap pembahasan akhir RAPBD Tahun 2013 terdapat penambahan anggaran di beberapa satuan kerja untuk beberapa kegiatan prioritas seperti :

  • Kegiatan pemutakhiran data kependudukan untuk Pemilu 2014 pada Disdukcapil sebesar Rp 746 juta
  • Kegiatan peningkatan jaringan internet area publik pada Diskominfo sebesar Rp 160 juta
  • Kegiatan pengendalian kredit ekonomi kerakyatan pada Dikoperindag sebesar Rp 50.4 juta
  • Kegiatan peningkatan produksi budidaya ikan air tawar pada DKP sebesar Rp 500 juta
  • Kegiatan sosialisasi pemilihan gubernur Lampung pada Badan Kesbangpol sebesar Rp 350 juta
  • Kegiatan penyusunan perencanaan pedestrian dan median jalan Sultan Agung serta kegiatan perencanaan DED talud berelief di jalan P. Diponegoro dan jalan Teuku Umar pada Distako sebesar Rp 235 juta dan Rp 90 juta
  • Kegiatan peningkatan kapasitas keimanan dan ketakwaan pada BPKAD sebesar Rp 2.55 miliar

Walikota Bandar Lampung Drs. H. Herman HN, MM mengatakan bahwa usai pengesahan, APBD 2013 akan melalui tahapan evaluasi oleh Pemprov Lampung dan yakin APBD 2013 dapat digunakan mulai tanggal 1 Januari mendatang.

Dengan ketepatan waktu pembahasan APBD 2013 ini, Walikota optimistis Pemerintah Kota Bandar Lampung akan mendapatkan reward dari Pemerintah pusat sebesar Rp 10 miliar.