Bandar Lampung – (DISKOMINFO), Pada hari Senin (17/09/2012) bertempat di Kelurahan Sukamaju, Walikota Bandar Lampung Drs. H. Herman HN, MM meresmikan Kecamatan dan Kelurahan baru di wilayah kota Bandar Lampung sebagai  hasil pemekaran  sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 04 Tahun 2012 tentang Penataan dan Pembentukan Kelurahan dan Kecamatan.

Asisten  Bidang Pemerintahan Deddy Amarullah, SE. SH dalam laporannya menyampaikan bahwa wilayah kota Bandar Lampung telah dimekarkan menjadi 20 Kecamatan dari semula 13 Kecamatan, serta 126 Kelurahan dari semula 98 Kelurahan.

Disampaikan pula bahwa peresmian 7 Kecamatan dan 28 Kelurahan baru dimaksudkan untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan yang didasarkan pada pertimbangan demografi, luas wilayah dan jumlah penduduk, sehingga efektifitas penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat dihasilkan secara lebih optimal.

Adapun 7 kecamatan baru hasil pemekaran terdiri dari :

  1. Kecamatan Labuhan Ratu pemekaran dari Kecamatan Kedato
  2. Kecamatan Way Halim pemekaran dari Kecamatan Sukaram
  3. Kecamatan Langkapura pemekaran dari Kecamatan Sukaram
  4. Kecamatan Enggal pemekaran dari Kecamatan Tanjungkarang Pusat
  5. Kecamatan Kedamaian pemekaran dari Kecamatan Tanjungkarang Timur
  6. Kecamatan Telukbetung Timur pemekaran dari Kecamatan Telukbetung Barat
  7. Kecamatan Bumi Waras pemekaran dari Kecamatan Telukbetung Selatan

7.      

Dalam sambutannya Walikota Bandar Lampung menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras seluruh pihak baik dari unsur Pemerintah Kota Bandar Lampung, DPRD Kota Bandar Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung, serta seluruh lapisan masyarakat Kota Bandar Lampung sehingga pemekaran wilayah dapat dilaksanakan tanpa gejolak berarti.

Walikota secara khusus berpesan kepada seluruh Lurah di Wilayah Kota Bandar Lampung untuk dapat berperan dalam meningkatkan keamanan, ketertiban dan juga kebersihan diwilayah administrasinya masing-masing.

Selain itu Walikota menyampaikan untuk mendukung kesuksesan beberapa hal yang menjadi prioritas pembangunan Kota Bandar Lampung yang telah menjadi contoh nasional  seperti program kesehatan gratis untuk masyarakat kurang mampu di RS Pemerintah dan Swasta di Kota Bandar Lampung, program pendidikan gratis bagi masyarakat kurang mampu, Moda Transportasi Massal BRT yang dijalankan tanpa subsidi pemerintah, insentif guru mengaji dan insentif RT.

Lebih jauh Walikota menyampaikan bahwa capaian program-program pembangunan tersebut akan memberikan efek domino terhadap peningkatan sektor ekonomi riil di masyarakat, seperti terhadap industri jasa perdagangan dan pariwisata serta UMKM. Untuk itu pembenahan di bidang infrastruktur terhadap sarana dan prasarana jalan-jalan protokol di Kota Bandar Lampung  pada tahun anggaran 2012 ini akan dilanjutkan dengan pembenahan infrastruktur jalan-jalan di lingkungan Kelurahan se-kota Bandar Lampung secara bertahap mulai tahun anggaran 2013.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti 7 Kecamatan baru  dan kemudian ditutup dengan peresmian Kantor Kecamatan Telukbetung Timur  oleh Walikota Bandar Lampung disaksikan oleh seluruh Muspida dan Ketua TP PKK Kota Bandar Lampung.